cover
Contact Name
Lalu Masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Ketangga Desa Kateng Kecamatan Praya Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Inovasi Penelitian
ISSN : 27229475     EISSN : 27229467     DOI : 10.47492
"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a unique study of performing arts and classical culture, traditional from various regions in Indonesia, and modern cultural arts such as dance, fine arts, and music art also includes the study of Indonesian literature on classical and contemporary literary issues) 2. Religion (Study of comparative religion, study of pluralism and religious diversity in Indonesia) 3. Media (Cultural studies and media, New Media and Contemporary Societies) 4. Gender (Urban Culture, Gender bias, and gender inequality) 5. Public policy (extractive public policies, distributive public policies, and regulative public policies) 6. Development (economic and social development, urban and regional development) 7. Environment (customs, social and environmental, land and natural resource utilization) 8. Disaster (local wisdom and social culture, disaster management, community empowerment, survival and humanity, disaster and social emergency response organizations) 9. Tourism (ecotourism, tourism management, religious tourism, urban tourism, and cultural tourism) 10. Agriculture
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 41 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3: Agustus 2021" : 41 Documents clear
kebijakan publik KOMUNIKASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA (Studi Deskritif Kualitatif Negosiasi Kebijakan Revitalisasi Trotoar Pemerintah Daerah di Jalan Kemang Raya Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta) Lukman Yudho Prakoso
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.646

Abstract

Pemerintah Daerah DKI Jakarta menerapkan kebijakan untuk merevitalisasi trotoar agar fungsinya dapat digunakan sesuai fungsi asasinya. Timbul permasalahan yang mengharuskan melakukan negosiasi integratif dengan warga sekitar di Jalan Kemang Raya Jakarta Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisa proses negosiasi integratif antara Pemda diwakilkan tim khusus dengan warga, Langkah upaya negosiasi integratif Pemda agar terlaksananya kebijakan, dan Faktor pendukung dan penghambat proses negosiasi integratif. Teori negosiasi integratif yang diutamakan karena pernyataaan pemerintah daerah yang mengutamakan win – win solution. Metode digunakan dalam penelitian adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data didapatkan dengan wawancara secara langsung dan penelusuran dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses negosiasi yang terlaksana dengan metode integratif murni dinamikanya metode distributif dengan langkah – langkah yang sesuai negosiasi metode integratif diakhiri dengan distributif dengan faktor pendukung dan penghambat yang perlu diperhatikan kedepannya pemerintah daerah dalam melaksanakan negosiasi integratif. Kata kunci: Kebijakan Publik, Komunikasi Politik, Negosiasi Integratif, Revitalisasi trotoar.
JURNAL KEBIJAKAN DAN DAMPAK AKIBAT PERIZINAN PEMBANGUNAN Yulian Dwi Nurwanti
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.652

Abstract

Dalam upaya melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta pencegahan pencemaran, perusakan dan kerusakan lingkungan, pemerintah berperan penting memanfaatkan otoritasnya, yaitu menerapkan izin lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem perizinan lingkungan hidup dan kebijakan apa dan dampak yang ditimbulkan akibat perizinan pembangunan. Metode yang digunakan normatif (deskriptif kualitatif), metode pendekatannya dengan yuridis ekologis. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa Untuk dapat mendirikan sebuah suatu bangunan atau kegiatan tertentu yang berkaitan dengan lingkungan hidup diperlukan suatu perizinan yang berkaitan dengan apa yang dimohonkan oleh pemohon izin seperti izin IMB, izin mendirikan bangunan, izin pembuangan limbah, izin AMDAL. Dampak akibat perizinan pembangunan yaitu produksi beras yang tidak menentu karena menyempitnya lahan persawahan tersebut, pendapatan petani yang tidak menentu karena lahan sawah telah diambil oleh bangunan properti dan lain-lain.
Rancang BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN DRY & WET LAUNDRY BERBASIS JAVA NETBEANS Halimatusadiah Halimatusadiah
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.685

Abstract

LAUNDRY DRY & WET untuk pengolahan data di lakukan dengan konvensional, sistem seperti ini belum efektif, kerja pegawai dalam mengontrol pendapatan usaha bahkan kehilangan data rekapan rentan sekali terjadi. Perlunya pengembangan sistem untuk pengolahan data laporan sebagai pengganti sistem yang lama. Tujuan penulisan ini adalah bagaimana mengembangkan, menguji, mengetahui kualitas kelayakan serta mengimplementasikan sistem informasi pengelolaan data Laundry berbasis Java Netbeans. Metode penelitian dengan melakukan pengumpulan data melalui cara metode observasi, wawancara dan pustaka. Sedangkan hasil dari penelitian ini dalam perancangan sistem baru, Laundry Dry & Wet telah menggunakan komputerisasi dengan Java Netbeans, yaitu terciptanya penyimpanan data maupun form transaksi seperti nota ambil barang pelanggan, selesai pengerjaan sampai pengambilan, form nota antar barang lengkap, form retur yang menyediakan komplainan dari segi pengerjaan barang, dan form dalam segi keterlambatan pengerjaan karena kondisi yang tidak bisa di hindari. Laundry Dry & Wet telah menggunakan komputerisasi dengan Java Netbeans, penyimpanan berbasis database yang terintegrasi pada aplikasi agar lebih efektif dan akurat. Pembuatan laporan menggunakan aplikasi sistem baru mampu menyajikan serta menyimpan laporan baik data maupun transaksi yang lebih mudah dan akurat dengan sistem yang terintegrasi dengan komputer hingga terciptanya pelayanan yang baik dan lancar, serta pendataan yang efisien dan maksimal.
OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI INOVASI LOKET DESA DI DESA KARANGLOR KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI Zuriyah Evi Rahmawati; Itok Dwi Kurniawan
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.688

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui inovasi Loket Desa di Desa Karanglor dan hambatan dalam pelaksanaanya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber utama dalam penelitian ini yaitu Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri serta petugas operator Loket Desa Karanglor. Analisis data dalam penelitian ini terdapat 3 tahap yaitu reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasinya. Hasil penelitian ini diketahui pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui inovasi Loket Desa di Desa Karanglor sudah berjalan sejak tahun 2020 dan sudah sesuai dengan standar pelayanan seperti yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik namun belum terlaksana secara optimal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa ketidaksesuaian dan kendala dalam pelaksanaannya.
GOVERNMENT STRATEGY IN MANAGEMENT OF PARKING RETRIBUTION IN NATURAL TOURISM AREAS Nastia Nastia; Hastuti Hastuti; L.M. Azhar Sa'ban
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.691

Abstract

South Buton Regency, as one of the tourism destinations in the Buton Islands, features a variety of tourist attractions. The government must manage parking costs in tourist areas, and every use of the budget must be transparent, so a village government strategy to turn strengths into opportunities, strategies to exploit weaknesses into opportunities, strategies to transform threats into strengths, and strategies to avoid threats is required. As a result, the goal of this research is to examine the village government's parking fee optimization technique to boost Regional Original Income. This type of study employs a qualitative approach and a descriptive approach, as well as a SWOT analysis. According to the SWOT analysis, the parking management of the Kaburaburana tourist area has been progressing well in an endeavor to boost tourism potential. However, these findings continue to present challenges or hurdles at various stages of the process.
PENGARUH PELAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV. AFCO GROUP JOMBANG Khotim Fadhli; Moch Komari; Arivatu Ni’mati Rahmatika; Ahmad Nur Ismail
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan CV. AFCO Group Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan CV. AFCO Group Jombang pada masa pandemi covid-19. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 responden. Untuk menganalisis data yang diperoleh, digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan secara parsial juga inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Diketahui juga bahwa pelayanan dan inovasi produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Pelayanan, Inovasi Produk, Kepuasan Pelanggan
Efektivitas Inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar Muhammad Hanun; Itok Dwi Kurniawan
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.739

Abstract

Di era globalisasi seperti ini masyarakat membutuhkan pelayanan yang terbuka, efektif dan efisien. Untuk memenuhi tuntutan masyarakat tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar mengeluarkan sebuah inovasi yaitu inovasi Paket Layanan Komplit. Inovasi ini memiliki tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, dengan pelayanan yang terbuka, efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Sedangkan manfaat penelitian ini ialah untuk memberikan masukan yang membangun kepada instansi dan masyarakat luas. Penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana efektivitas inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar serta faktor-faktor apa saja yang menghambat pelayanan inovasi Paket Layanan Komplit ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar sudah efektif. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, survei kepuasan masyarakat, dan dokumentasi. Narasumber utama dalam penelitian kualitatif adalah Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Dan untuk data kuantitatif menggunakan survei kepuasan masyarakat. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam penelitian kualitatif dan mencari rerata dalam penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar sudah efektif berdasarkan kesimpulan hasil wawancara dan didukung oleh data kuantitaif menurut responden sudah efektif. Dibuktikan dengan 5 variabel yaitu : persyaratan 77,33%, prosedur 77,33%, waktu pelayanan 76%, produk layanan 76% dan kemudahan penggunaan layanan 73%. Faktor yang menghambat inovasi Paket Layanan Komplit yaitu terkait dengan masalah jaringan, kurangnya sumber daya manusia yang menguasai inovasi tersebut, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai.
ANALISA LAPORAN KEUANGAN DAN INDIKATOR KEBANGKRUTAN PADA PT. MAYORA INDAH TBK Siti Aisyah; Syamsul Bahri
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.755

Abstract

One way that the company can do so that the company survives, namely by analyzing the company's financial statements, which aims to find out the company's financial situation and development from year to year. The author conducted research on PT. Mayora Indah Tbk, a company engaged in the processed food industry. The purpose of this study is to compare the balances that are considered related, which can reflect the company's financial position and the company's performance. This comparison is better known as the ratio. In addition to the analysis of financial statements, an analysis of indicators of bankruptcy is also carried out on the company's financial statements. Which aims to be able to find out how the condition of a company, whether the company is experiencing financial difficulties and or the possibility of bankruptcy. The research method used in this research is a case study research method with data analysis techniques that use the financial ratio method to determine the performance and financial position of PT. Mayora Indah Tbk, and the bankruptcy method of Altman Models to determine the viability of PT. Mayora Indah Tbk. From the results of the analysis, it shows that the performance and financial position of PT. Mayora Indah Tbk in 2014 to 2018 can be said to be still quite good in the midst of unstable economic turmoil in the period concerned. Where seen from the liquidity ratio and debt management ratio, the company is able to pay off its obligations; for asset management ratios, the company is able to utilize its resources effectively and efficiently; for its profitability ratio, the company has decreased. For the analysis of bankruptcy indicators, the results obtained from 2014 to 2018, the company entered the gray area. Thus, the company is expected to be able to improve itself by knowing the existing weaknesses, and be able to immediately make improvements in order to obtain better results in the coming year.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA CV. PUTRA PUTRI JOMBANG) Septian Ragil Anandita; Mohammad Baharudin; Wisnu Mahendri
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.756

Abstract

This research was conducted at CV. Putra Putri of Jombang. The purpose of this study was to examine and analyze the effect of work motivation and career development on employee performance at CV. Putra Putri of Jombang. This type of research is quantitative research with survey method. In collecting data using non-probability sampling technique. The population of this study were all employees of CV. Putra Putri Jombang, so that the sample in this study was 50 respondents. To analyze the data obtained using the Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression and correlation coefficient using the F Test (Simultaneous Test), T Test (Partial Test). Meanwhile, data collection was carried out through several techniques, including field studies and questionnaires. The results of research and data processing indicate that the two independent variables, namely work motivation and career development simultaneously have a significant effect on employee performance. The results of the correlation coefficient test show that the R value of 0.963 means that work motivation and career development together have a strong relationship to employee performance, while the results of the coefficient of determination test show that the R² value is 0.927, then the R² value < 1 means 92.7% the influence of motivation work and career development have a significant effect on employee performance at CV. Son and Daughter of Jombang. While the rest (92.4%) is influenced by other variables outside the study. It is expected that the things that must be considered to further improve the performance of employees at CV. Putra Putri Jombang, namely conducting training, internships, entrepreneurship seminars, job rotations and so on.
MEDIA KOMUNIKASI DAN PROMOSI LAUT BIRU HOTEL PANGANDARAN Renata Anisa; Yustikasari Yustikasari
Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jip.v2i3.757

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia. Tumbuhnya destinasi wisata, hotel, dan online travel agent menjadi salah satu cirinya. Industri Pariwisata pada masa pandemi saat ini menjadi sektor pertama yang terdampak dan diperkirakan menjadi sektor terakhir yang akan pulih. Kemenparekraf sebagai kementrian yang membidangi pariwisata menyusun berbagai strategi dan program untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan konsep inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Pelaku usaha pariwisata saat ini telah memanfaatkan berbagai media untuk berkomunikasi dan promosi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media komunikasi dan promosi yang digunakan oleh Laut Biru Hotel Kabupaten Pangandaran serta jenis informasi yang disampaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laut Biru Hotel menggunakan media baru (new media) untuk berkomunikasi dengan publik dan mempromosikan produknya. Media yang digunakan adalah email, whatsapp, website, facebook, instagram, dan youtube. Informasi yang disampaikan melalui media tersebut adalah produk dan jasa, fasilitas, aktivitas internal perusahaan, special event yang diselenggarakan, dan promosi perusahaan. Pemilihan media-media tersebut sesuai dengan segmentasi dan target perusahaan yang pada umumnya telah menggunakan media digital.